Kalimantan Timur Jadi Ibu Kota Negara, Balai Kota Samarinda Ikut Dipindahkan

Kompas.com - 05/09/2019, 08:00 WIB
Kantor Balai Kota Samarinda Jalan Kesuma Bangsa Samarinda, Rabu (4/9/2019). KOMPAS.com/ZAKARIAS DEMON DATONKantor Balai Kota Samarinda Jalan Kesuma Bangsa Samarinda, Rabu (4/9/2019).

SAMARINDA, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Samarinda berencana memindahkan Balai Kota yang kini berada di Jalan Kesuma Bangsa, Samarinda.

Sekretaris Kota Samarinda Sugeng Chairuddin mengatakan, pemindahan dilakukan untuk mengurangi beban pembangunan kota.

Termasuk menghindari dampak dari macet, banjir hingga kumuh.

"Pembangunan kota sudah sangat sesak. Kita ingin pindahkan agar bisa mengurai dan memperluas pembangunan di arah pinggiran," jelasnya, Rabu (4/9/2019).

Baca juga: Ketersediaan Air di Ibu Kota Baru Kalimantan Timur Dijamin Aman

Pihaknya sudah menyiapkan dua lahan untuk pemindahan Balai Kota.

Kedua lokasi tersebut ada di Sungai Siring sebelah utara Samarinda dekat dengan Bandara APT Pranoto dan di Kelurahan Makroman sisi barat Samarinda. 

Di Sungai Siring Pemkot mendapat hibah tanah dari masyarakat seluas 25 hektar. Sisanya 75 hektar direncanakan dibeli. Sedangkan di Makroman Pemkot sudah memiliki tanah 160 hektar.

Pemindahan kantor wali kota dan kantor organisasi perangkat daerah (OPD) ini diprediksi menggunakan lahan kurang lebih 100 hektar. Di sana akan jadi pusat perkantoran yang steril dari permukiman warga.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X