Gerak Senyap Pengembang Properti Cari Lahan di Ibu Kota Baru, Ada yang Sudah Transaksi

Kompas.com - 30/08/2019, 20:34 WIB
Mengenal Kutai Kartanegara dan penajam Paser Utara KOMPAS.com/Akbar Bhayu TamtomoMengenal Kutai Kartanegara dan penajam Paser Utara

SAMARINDA, KOMPAS.com - Sejak Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, dipilih menjadi ibu kota baru, banyak pengembang dan pengusaha properti bergerilya di dua daerah ini.

Mereka mencari lahan untuk bisnis hunian. 

Ketua DPD Real Estate Indonesia (REI) Kaltim, Bagus Susetyo mengungkapkan, banyak pengembang besar dari Jakarta, Bandung, Sumatera sudah masuk ke lokasi sekitar ibu kota negara.

"Cari lahan. Ini dilakukan dengan hati-hati dan senyap," ungkap Bagus di Samarinda, Kaltim, Jumat (30/8/2019).

Baca juga: Penajam Paser Utara Jadi Ibu Kota Baru, Bupati Diberi Tepung Tawar

Bagus mengaku sudah mendengar informasi ini jauh-jauh hari sebelum dan setelah penetapan ibu kota negara.

"Ada pergerakan di lokasi. Ada yang sudah lakukan survei, ada yang sudah transaksi. Itu hal yang wajar. Pengembang dan nonpengembang akan mengarah ke lahan di sekitar ibu kota negara," ujar Bagus.

Bagus mengatakan, ada beberapa pengembang raksasa sudah masuk. Seperti Agung Podomoro, Ciputra, Sinar Mas Land, dan beberapa lagi.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X