Api Melahap 30 Hektare Lahan di Berau, Kalimantan Timur

Kompas.com - 30/08/2019, 14:15 WIB
Kobaran api melahap lahan seluas 30 hektar di Kampung Labanan, Berau, Jumat (30/8/2018). Dinas Kehutanan KaltimKobaran api melahap lahan seluas 30 hektar di Kampung Labanan, Berau, Jumat (30/8/2018).

SAMARINDA, KOMPAS.com - Kebakaran lahan dan hutan (Karhutla) di Kalimantan Timur memuncak akhir-akhir ini seiring cuaca panas.

Saat ini petugas dari Dinas Kehutanan Kaltim sedang melakukan pemadaman api di beberapa titik di Kampung Labanan, Kecamatan Teluk Bayur, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

"Petugas kami sedang melakukan pemadaman di lokasi api," ungkap Kepala Dinas Kehutanan Kaltim Amrullah di Samarinda, Jumat (30/8/2019).

Amrullah mengatakan, saat ini petugas sedang menghalau titik api agar tak meluas.

Kompas.com mengonfirmasi langsung Kasi Pengendalian Kerusakan dan Pengamanan Dinas Kehutanan Kaltim Shahar Al Haqq yang berada di lokasi kejadian melalui telepon.

Baca juga: Sekelompok Gajah Keluar dari Habitatnya Akibat Karhutla

Dia memimpin rombongan sekaligus komando Siaga Karhutla Dishut Kaltim. Dia bersama tim sedang memadamkan lahan seluas 30 hektar yang dilahap api bersisian dengan HPH.

"Kita sudah kuasai apinya, tapi kemungkinan panas terik memicu kebakaran lagi," ungkap dia.

Ada pun kendala di lapangan adalah keterbatasan air dan akses jalan masuk menuju titik api. Banyaknya ohon menyulitkan petugas membawa mobil pemadam dan tangki air.

"Penyebab kebakaran hampir 90 akibat perbuatan manusia. Dari membakar lahan buka kebun hingga buang puntung rokok sembarangan," kata dia.

Tim lapangan terus menghalau api agar tak meluas masuk hutan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X