Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wali Kota Samarinda Masuk ODP Corona Usai Hadiri Kongres V Demokrat di Jakarta

Kompas.com - 18/03/2020, 06:54 WIB
Zakarias Demon Daton,
Khairina

Tim Redaksi

SAMARINDA, KOMPAS.com - Wali Kota Samarinda Syaharie Jaang juga masuk orang dalam pemantauan (ODP) virus corona atau Covid-19.

Jaang baru tiba di Samarinda, Selasa (17/3/2020) usai menghadiri acara Kongres V Partai Demokrat di Jakarta, Minggu (15/3/2020) lalu.

Tiba di Samarinda, Jaang langsung menjalani pemeriksaan suhu tubuh dengan menggunakan thermoscanner di bandara APT Pranoto. Kondisinya normal di bawah 36 derajat celcius.

Baca juga: Bayi Tiga Bulan di Sumsel Masuk Dalam Daftar ODP Corona

Usai pemeriksaan di bandara, Jaang juga menjalani pemeriksaan suhu tubuh di Rumah Jabatan Wali Kota di Jalan S Parman oleh tim medis dari RSUD Abdoel Moeis.

"Iya Pak Wali juga masuk dalam pemantuan tapi kondisi bapak sehat," ungkap Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Samarinda, dr Osa Rafshodia saat dihubungi Kompas.com, Selasa (17/3/2020).

Osa menerangkan setiap warga Samarinda yang baru berpergian dari daerah terjangkit tetap dipantau, termasuk wali kota Samarinda.

"Bapak sudah menjalani sejumlah pemeriksaan suhu tubuh dan dinyatakan sehat. Tidak ada batuk, demam, pilek, ataupun sesak napas. Jadi mungkin besok bisa beraktivitas enggak masalah. Tapi kami tetap pantau karena beliau dari wilayah terjangkit," jelas dia.

Baca juga: Sebanyak 241 Warga Padang Berstatus ODP Corona dan Melakukan Isolasi Mandiri

Total orang dalam pemantauan termasuk Wali Kota Samarinda hingga Selasa berjumlah 210 orang. Terjadi peningkatan sebanyak 95 orang dari sehari sebelumnya hanya 115 orang.

"Rata-rata masyarakat mulai sadar. Mereka sendiri lapor melalui call center 112 setelah berpergian dari daerah terjangkit Jakarta, Jawa Tengah, Bali maupun luar negeri," tegas Osa.

Sementara, untuk pasien dalam pengawasan yang diisolasi di RSUD Abdul Wahab Sjahranie ada tiga orang sejak beberapa hari terakhir.

Kabag Humas dan Protokol Setkot Samarinda Syahruddin membenarkan Wali Kota Samarinda menjalani sejumlah pemeriksaan suhu tubuh.

"Iya, Bapak sehat saja setelah diperiksa oleh tim medis. Tapi beliau lagi istirahat dulu," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com